TELEPHONY RADIO
A. Kehilangan kargo berbahaya
B. Kebakaran Kapal
C. Kandas
D. BUOY hanyut / hilang
B. Urgency
C. Safety
D. Public Correspondence
A. Kehilangan kargo berbahaya
B. Kebakaran kapal
C. Kandas
D. Bouy hanyut / hilang
4. Tanda peringatan untuk panggilan berita keselamatan :
A. SECURETE
B. SECURITE
C. SECURE
D. SECURITY
5. Tanda peringatan untuk berita Segera :
A. PAN PAN PAN
B. PAN PAN
C. HELP
HELP
D. PAN
C. Keselamatan
B. Telex Call
C. Telephone Call
D. Urgent
A. Kehilangan Kargo Berbahaya
B. Permintaan Air Bersih
C. Berita
adanya tumpahan minyak
D. Berita awak
kapal sakit
9. Prosedur panggilan pada korespondensi umum dengan telephone radio dalam telekomunikasi pelayaran yang dialamatkan kepada Perorangan dan atau perusahaan tertentu di darat harus dicantumkan nama :
A. Statiun kapal lain
B. Statiun radio pantai
C. Statiun bumi pantai
D. Station bumi kapal
B. 10 kata
C. 15 kata
D. 20 kata
A. STANDING BY
B. OVER AND OUT
C. OVER
D. OUT
12. Koreksi dari pengucapan salah yang telah dilakukan adalah :
A. Mistake….kemudian diikuti kata correction…
B. Correction correction
C. Mistake….kemudian kata correction correction
D. Tidak ada jawaban yang benar
13. Jika anda diminta untuk melakukan pengejaan angka 52 adalah :
A. penta five nada two
B. bisso five karte two
C. penta five bisso two
D. terra five karte two
14. Apabila kapal saudara mendengar berita ada kapal lain yang memancarkan berita marabahaya dan belum ada yang memberikan RESI tanda terima oleh stasiun lain, maak Nahkoda memerintahkan saudara untuk membuat berita guna meneruskan berita Tersebut ke stasiun lain dengan didahului tanda peringatan :…
A. MAYDAY RELAY
B. MAYDAY
C. PANPAN
D. SECURITE
15. Kapal saudara mengalami kebakaran dan kemungkinan besar sulit untuk diselamatkan sebelum meninggalkan kapal Nahkoda Memerintahkan saudara membuat berita yang ditujukan kepada semua kapal didahului dengan tanda peringatan yang diucapkan 3 kali :..
A. MAYDAY
B. SECURITE
C. HELP
D. PANPAN
CONTOH BERITA DISTRESS
MAYDAY MAYDAY MAYDAY
THIS IS
MV.DEEPARAYA DEEPARAYA DEEPARAYA
MMSI NUMBER 525345689
MAYDAY
MV.DEEPARAYA
POSITION 05.10’SOUTH 106.50 EAST
TIME 0130 UTC
SHIP IS IN COLLISION,
REQUEST IMMEDIATE ASSISTANCE
CREW MEMBER ON BOARDS 16 PERSONS, SEA SWELLS
MASTER MV.DEEPARAYA CALL SIGN PKUY
JAWABAN STASIUN PANTAI
MAYDAY
DEEPARAYA DEEPARAYA DEEPARAYA
CALL SIGN PKUY
THIS IS
JAKARTARADIO JAKARTARADIO JAKARTARADIO
RECEIVED MAYDAY
PLEASE STANDINGBY
JAWABAN STASIUN KAPAL
MAYDAY
JAKARTARADIO JAKARTARADIO JAKARTARADIO
THIS IS
DEEPARAYA DEEPARAYA DEEPARAYA
THANK YOU AND STANDINGBY
CONTOH BERITA DISTRESS RELAY
MAYDAY RELAY MAYDAY RELAY MAYDAY RELAY
THIS IS
MV.ALBATROS ALBATROS ALBATROS
MMSI NUMBER 356957000
FOLLOWING RECEIVED FROM MV DEEPARAYA ON FREQ 2182 TIME 0130 UTC
MAYDAY
MV.DEEPARAYA
MMSI NUMBER 525345689
POSITION 05.10’SOUTH, 106.50’ EAST
SHIP IS IN COLLISION
REQUEST IMMEDIATE ASSISTANCE
CREW MEMBERS ON BOARD 16 PERSONS, SEA SWELLs,SEA SWELLs
MASTER MV.DEEPARAYA/PKUY
CONTOH BERITA CANCELLING FALSE DISTRESS
ALL STATION ALL STATION ALL STATION
THIS IS
MV.BOTHANIA STONE BOTHANIA STONE BOTHANIA STONE
MMSI NUMBER 376007200
POSITION 05.10’ SOUTH 106.12” EAST
"PLEASE CANCEL TO MY DISTRESS ALERT OF DATE JANUARY 15, 2016 TIME 0600 UTC MASTER MV. BOTHANIA STONE
CONTOH BERITA URGENCY
PANPAN PANPAN PANPAN
ALL STATION ALL STATION ALL STATION
THIS IS
MV.HERCULES GLORY HERCULER GLORY HERCULES GLORY
CALL SIGN SXWU
PANPAN
MV.HERCULES GLORY
POSITION 5 MILES FROM NORTH OF EDAM ISLAND AT THE APPROACH TO THE HARBOUR O THE TANJUNGPRIOK TIME 0122 UTC
WE HAVE LOST ENGINE CONTROL AND DRIFTING NORTH NORTHEAST ANCHORE NOT HOLDING REQUERE TOW URGENTLY
MASTER MV.HERCULES GLORY
CONTOH BERITA SAFETY
SECURITE SECURITE SECURITE
ALL STATION ALL STATION ALL
STATION
THIS IS
MV.HERCULES GLORY HERCULES GLORY HERCULES GLORY
CALL SIGN SXWUMMSI NUMBER 239378000
SECURITE
MV.HERCULES GLORY
CALL SIGN SXWU
MMSI NUMBER 239378000
POSITION 05.30’ SOUTH 106.44’ EAST
TIME 0122 UTC
WE HAVE OBSERVED A DRIFTING BARGE WHICH MAYBE DENGEROUS FOR NAVIGATION, SHIP IN THE VICINITY PLEASE KEEP SHARP AND LOOK OUT
MASTER MV.HERCULES GLORY